Syarat dan Ketentuan

1.         Pendahuluan

Selamat datang di Bananas yang dioperasikan oleh PT Banana Niaga Natura. Terima kasih telah mengunjungi platform kami (PT Banana Niaga Natura/”Bananas”). Halaman ini memuat Syarat dan Ketentuan terkait dengan penggunaan Platform BANANAS agar Anda mengetahui mengenai hak dan kewajiban Anda sehubungan dengan platform kami. Mohon luangkan waktu Anda untuk membaca dan memahami mengenai Syarat dan Kententuan ini dengan cermat sebelum membuka akun Bananas atau menggunakan platform kami. Syarat dan Ketentuan ini mengikat dan berlaku bagi seluruh pengguna platform kami.

 

Kami berhak untuk melakukan pembaharuan atas Syarat dan Ketentuan ini, Anda diwajibkan untuk melihat membaca dan mempelajari Syarat dan Ketentuan ini secara berkala. Dengan mengakses dan mengunakan layanan platform kami, berarti Anda telah setuju untuk terikat dan tunduk secara hukum pada Syarat dan Ketentuan ini. Apabila Anda tidak setuju atas Syarat dan Ketentuan ini, kami meminta Anda untuk segera menghentikan penggunaan layanan Bananas.

 

2.         Definisi

“Akun” adalah akun Anda yang telah terdaftar pada Bananas, yang digunakan untuk melakukan transaksi melalui Bananas;

“Anda” adalah Pengguna Bananas, baik yang telah memiliki Akun atau belum memiliki Akun;

“Aplikasi” adalah aplikasi Bananas yang Anda gunakan pada perangkat Anda untuk memanfaatkan Layanan Bananas;

“Biaya Layanan” adalah setiap biaya layanan yang dikenakan kepada Anda atas pemanfaatan Layanan Bananas;

“Harga Produk” adalah harga jual atas setiap Produk yang terdapat pada Layanan Bananas;

“Informasi Produk” adalah data dan/atau informasi dalam bentuk apapun yang menggambarkan Produk secara akurat;

“Jam Operasional” adalah waktu dan hari pada saat Bananas beroperasi;

“Kami” adalah PT Banana Niaga Natura atau Bananas;

“Ketentuan Lain” adalah kebijakan selain Syarat dan Ketentuan ini yang merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini;

“Konfirmasi Pesanan” adalah persetujuanAnda atas Pesanan yang Anda lakukan pada Bananas;

“Layanan” adalah setiap informasi,layanan, fitur, dan/atau fungsi yang Kami sediakan dalam Platform;

“Mitra” adalah rekan Bananas yang membantu melakukan pengiriman Produk Pesanan Anda kepada Anda;

“Perangkat” adalah setiap perangkat yangAnda gunakan untuk mengakses atau menggunakan Layanan Bananas;

Platform” adalah platform, sistem,dan/atau program yang kami susun dan kelola untuk menunjang kegiatan operasional Bananas dalam memberikan layanan yang terbaik kepada Anda;

“Produk” adalah barang yang disediakan, dipasarkan, dipromosikan, dan dijual oleh Kami;

“Produk Pesanan” adalah Produk yang dipesan oleh Anda;

“Produk Retur” adalah Produk Pesanan yang rusak, cacat, hancur, kadaluarsa, tidak lengkap, tidak berfungsi dan/atau tidak sesuai dengan Pesanan yang Anda lakukan, dengan ketentuan yang telah ditetapkan dalam Syarat dan Ketentuan ini;

Refund” adalah pengembalian dana Anda atas penolakan dan/atau pembatalan atas Pesanan yang Anda lakukan;

“Tempat Pengiriman” adalah tempat pengiriman yang ditentukan oleh Anda sebagai tempat pengiriman Produk Pesanan;

“Transaksi” adalah kegiatan jual-beli antara Anda dan kami;

“Total Harga” adalah total biaya yang Anda bayarkan kepada kami.

 

3.         Pendaftaran

a.         Anda dengan ini menyatakan bahwa Anda adalah orang yang cakap dan dianggap mampu untuk mengikatkan diri dalam suatu perjanjian yang sah secara hukum.

b.         Dalam hal pendaftaran Akun, Anda hanya dapat menggunakan 1 (satu) nomor telepon untuk 1 (satu) Akun.

c.         Anda diwajibkan untuk mengelolah Akun secara mandiri.

d.         Anda wajib untuk menyatakan bahwa Anda menyetujui dan tunduk pada Syarat dan Ketentuan yang berlaku pada Bananas.

e.         Dalam Pendaftaran Akun, Anda akan memasukan nomor telepon yang hendak Anda daftarkan dan Anda akan memperoleh kata sandi (“Password”) melalui SMS OTP pada perangkat yang Anda gunakan.

f.         Anda wajib untuk menjaga kerahasiaan Password Anda. Segala penyalahgunaan Password Anda, merupakan tanggung jawab pribadi Anda sepenuhnya.

4.         Larangan

Dalam memanfaatkan Layanan Bananas, baik secara sengaja maupun tidak disengaja, Anda dilarang untuk:

a.         menyalah gunakan Layanan Bananas untuk tujuan yang melawan hukum;

b.         memberikan keterangan atau identitas yang salah dan/atau palsu;

c.         mengirimkan dan/atau menyebarkan virus ke dalam atau melalui situs yang dapat membahayakan sistem Bananas;

d.         melakukan tindakan pelanggaran hak atas pihak manapun termasuk Hak Atas Kekayaan Intelektual Kami atau pihak lainnya;

e.         mengakses Layanan Bananas secara tidak sah;

f.          melakukan tindakan yang dapat mempengaruhi kinerja dan/atau fungsi akses terhadap Layanan Bananas;

g.         melakukan tindakan modifikasi, membongkar, melakukan penggandaan, dan/atau mengeksploitasi lainnya pada sistem perangkat Anda tanpa izin Bananas.

        Dalam hal Anda melakukan pelanggaran atas ketentuan yang terdapat pada Syarat dan Ketentuan ini, maka Kami akan mengambil segala tindakan hukum sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

 

5.         Pemesanan

a.         Untuk melakukan pemesanan, Anda dapat memilih Produk yang diinginkan untuk selanjutnya dikonfirmasikan untuk Produk yang telah dipilih untuk diproses melalui Konfirmasi Pesanan.

b.         Setelah Anda melakukan Konfirmasi Pesanan, Anda dapat memilih metode Pembayaran yang Anda pilih.

c.         Setelah Anda mengkonfirmasi metode Pembayaran yang Anda pilih dan dilanjutkan dengan pesanan untuk diproses, maka Produk Pesanan Anda akan segera kami kirimkan kepada Anda dalam waktu 10 menit setelah produk selesai dikemas dan siap untuk dikirimkan kepada Anda.

d.         Setelah Produk Pesanan telah Anda terima, maka Anda dapat menyelesaikan Pesanan Anda sebagai pernyataan bahwa Produk Pesanan yang Anda terima sudah sesuai. Apabila dalam waktu 10 menit Anda tidak menyelesaikan Pesanan Anda, maka secara otomatis Pesanan Anda akan kami selesaikan dan Anda tidak dapat mengajukan keluhan atas Produk Pesanan yang telah Anda terima.

e.         Saat melakukan Transaksi, Anda menyetujui bahwa:

           i.              Anda bertanggung jawab untuk membaca, memahami dan menyetujui Informasi Produk sebelum melakukan transaksi dengan Kami;

         ii.              Anda memahami bahwa Informasi Produk yang telah pada Layanan Bananas tergantung pada perangkat yang Anda gunakan. Anda memahami bahwa kami telah melakukan upaya terbaik untuk memberikan Informasi Produk seakurat mungkin, namun Kami tidak dapat menjamin bahwa informasi Produk yang kami berikan akan akurat.

        iii.              Pembeli memahami bahwa ketersediaan Produk dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga jika ketersedian Produk kosong, maka kami akan memberikan konfirmasi kepada Anda terkait dengan keadaan ketersediaan Produk kosong dan menawarkan produk pengganti kepada Anda. Anda juga dapat mengajukan pembatalan pesanan kepada kami jika ketersediaan Produk Pesanan Anda kosong.

        iv.              Anda tidak dapat mengajukan Pembatalan Pesanan atas Pesanan yang telah Anda konfirmasi untuk kami proses.

         v.              Kami memiliki kewenangan untuk melakukan penolakan pembayaran Anda jika ditemukan fakta bahwa terdapat penggunaan yang tidak wajar atas Transaksi yang Anda lakukan.

        vi.              Anda memahami bahwa waktu pengiriman Produk Pesanan ke Tempat Pengiriman yang Anda pilih dapat terjadi kendala, sehingga Produk Pesanan dapat Anda terima melebihi waktu yang kami telah perkirakan.

 

6.         Harga dan Pembayaran

a.         Harga Produk yang tertera pada Layanan Bananas adalah harga yang telah ditetapkan oleh Bananas. Anda dilarang melakukan manipulasi Harga Produk dengan cara apapun.

b.         Harga Produk yang ditetapkan oleh Bananas sudah termasuk komposisi Pajak.

c.         Dalam melakukan Transaksi dengan Bananas, Anda menyetujui untuk membayar Total Harga yang harus dibayarkan yang terdiri dari Harga Barang, ongkos kirim, biaya layanan dan biaya lainnya yang mungkin timbul sebagaimana tercantum pada halaman Pembayaran.

d.         Total Harga yang ditagihkan dapat berubah dari harga yang ditampilkan pada Layanan Bananas saat Anda membuat Pesanan. Perubahan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

           i.              Produk yang ditimbang, dalam melakukan proses pesanan dapat terjadi perbedaan berat Produk dari yang ditampilkan pada Layanan Bananas. Sehubungan dengan perbedaan berat Produk tersebut, maka Anda akan dikenakan tagihan berdasarkan Harga Produk terbaru berdasarkan persetujuan Anda sebelum produk dikirimkan kepada Anda.

         ii.              Produk Pengganti, dalam hal produk yang Anda pesan tidak tersedia, maka Kami akan mengkonfirmasikan hal tersebut kepada Anda dan menawarkan Produk Pengganti kepada Anda. Produk Pengganti tersebut dapat Anda terima atau tolak. Jika Anda menerima Produk Pengganti tersebut, maka tagihan Anda akan Kami proses dengan menggunakan rincian harga dengan Produk Pengganti.Jika Anda menolak Produk Pengganti tersebut makan tagihan Anda akan berubah sesuai dengan Produk Pesanan yang Anda terima.

        iii.              Kesalahan teknis, dalam hal terjadi perbedaan harga yang disebabkan oleh kesalahan teknis, maka terkait dengan hal tersebut akan komunikasikan kepada Anda mengenai perbedaan harga tersebut.

e.         Anda menyetujui bahwa Pembayaran dilakukan berdasarkan metode Pembayaran yang telah Anda pilih yang disediakan oleh Bananas.

f.          Anda wajib memastikan bahwa dana yang Anda memiliki cukup untuk melakukan Pembayaran atas transaksi yang Anda lakukan.

g.         Hak Kepemilikan atas Produk Pesanan akan beralih kepada Anda setelah Anda melakukan konfirmasi Pembayaran atas Produk Pesanan Anda.

h.         Untuk saat ini, setiap transaksi yang terjadi di Bananas hanya menggunakan mata uang Rupiah.

 

7.         Penolakan Pesanan

Dalam memenuhi kebutuhan Anda, kami akan melakukan upaya terbaik kami untuk memproses setiap Pesanan yang Anda lakukan sepanjang tidak bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan dan Ketentuan Lain yang berlaku. Apabila dalam kondisi tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada:

a.          Kami tidak dapat memenuhi Pesanan Anda lebih lanjut (dikarenakan termasuk namun tidak terbatas pada ketersediaan produk, kesalahan teknis, dan/atau Force Majeure); dan

b.         penggunaan Akun yang tidak lazim.

Kami akan mengirimkan informasi kepada Anda, bahwa pesanan Anda tidak dapat kami lanjutkan. Anda dengan ini setuju dan memahami keputusan kami atas Penolakan Pesanan yang kami lakukan.

8.         Pengiriman

a.         Pengiriman Pesanan atas setiap transaksi yang dilakukan dalam Layanan Bananas melalui Mitra kami yang telah diberikan pelatihan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pengiriman Produk Pesanan Anda.

b.         Setiap ketentuan yang berhubungan dengan proses pengiriman Produk Pesanan merupakan kewenangan penuh kami.

c.         Kami akan melakukan upaya terbaik kami untuk melakukan pengiriman Produk Pesanan kepada Anda dalam jangka waktu 10 (sepuluh) menit ke Tempat Pengiriman Produk Pesanan yang telah Anda tentukan.

d.         Anda diwajibkan untuk dapat memberikan alamat Tempat Pengiriman Produk Pesanan secara Akurat.

e.         Anda sepenuhnya memahami bahwa waktu pengiriman Produk Pesanan tersebut dapat berubah dalam situasi tertentu, seperti namun tidak terbatas pada jenis produk yang dipesan, kondisi daerah pengiriman, cuaca, keadaan force majeure, dan/atau penjadwalan pengiriman Mitra kami. Anda dengan ini mengesampingkan tanggung jawab kami kepada Anda atas kerugian, kewajiban, biaya kerusakan atau biaya lainnya yang timbul dari keterlambatan pengiriman Produk Pesanan.

f.          Semua risiko atas Produk Pesanan akan berpindah kepada Anda setelah Produk Pesanan telah diterima oleh Anda. Kami tidak dapat bertanggung jawab atas kerusakan, hilang, cacat dan/atau tidak berfungsi Produk Pesanan yang diakibatkan oleh kelalaian dan/atau kesalahan Anda.

g.         Jika Anda tidak ada di Tempat Pengiriman saat Produk Pesanan dikirimkan, mohon untuk memberikan keterangan pada saat Anda melakukan Pemesanan dan menginformasikan kepada pihak yang Anda tunjuk untuk menerima Produk Pesanan.

 

9.         Pembatalan, Penukanan dan Pengembalian Produk

a. Pembatalan

i. Anda tidak dapat melakukan Pembatalan atas Pesanan yang telah Anda buat setelah Anda melakukan Konfirmasi Pesanan.

ii. Dalam produk yang Anda pesan pada Platform BANANAS tidak tersebut dan tidak ada Barang Pengganti atas produk yang Anda pesan, maka Anda dapat melakukan Pembatalan Pesanan setelah mendapat konfirmasi dari Customer Service kami.help@bananas.id.

iii. Kami dapat melakukan Pembatalan atas Pesanan yang Anda lakukan, apabila terdapat penggunaan Akun yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan/atau penggunaan yang tidak wajar.

b. Penukaran dan/atau Pengembalian Produk

i. Anda dapat melakukan Penukaran dan/atau Pengembalian Produk dalam jangka waktu 1x24 (satu kali dua puluh empat) jam sejak waktu penerimaan Pesanan.

ii. Pengajuan Penukaran dan Pengembalian Produk Pesanan dapat dilakukan dengan menghubungi Customer Service kami.

iii. Apabila pengajuan Penukaran yang Anda lakukan disetujui melalui Customer Service kami, maka kami akan segera melakukan Penukaran Produk yang sesuai dengan yang Anda inginkan dan Anda diwajibkan untuk mengembalikan Produk yang ditukar tersebut dengan kami dengan kondisi yang baik dan sesuai dengan ketentuan angka 3 Ketentuan ini.

iv. Apabila Pengembalian Produk yang Anda lakukan disetujui melalui Customer Service kami, maka kami akan segera melakukan pengambilan Produk yang hendak Anda kembalikan dan Anda diwajibkan untuk mengembalikan Produk tersebut dengan kondisi yang baik dan sesuai dengan ketentuan angka 3 Ketentuan ini.

v. Produk yang hendak Anda tukar atau kembalikan akan kami lakukan pemeriksaan atas Produk tersebut di tempat. Apabila berdasarkan hasil pemeriksaan kami berdasarkan alasan yang jelas tidak sesuai dengan Ketentuan yang telah ditentukan, maka pengajuan Penukaran dan Pengembalian yang Anda ajukan akan kami tolak.

vi. Atas Produk yang Anda kembalikan, Anda memiliki hak atas Pengembalian Dana yang telah Anda keluar sehubungan dengan Produk tersebut. Dana tersebut akan dikembalikan kepada Anda melalui ketentuan pengambalian Dana yang ditentukan oleh BANANAS.

vii. Dalam hal tidak terdapat pengajuan complain dari Anda atas Produk yang telah Anda terima dalam waktu 1x24 (satu kali dua puluh empat) baik melalui Mitra dan/atau Customer Service kami, maka kami akan menganggap bahwa Pesanan yang telah Anda terima telah sesuai.

viii. Dengan ini Anda setuju bahwa Anda dibebankan biaya Pengiriman atas setiap Penukaran dan Pengembalian Produk yang Anda lakukan.

ix. Atas setiap Produk Pengganti yang telah Anda terima akan diperlakukan sama seperti Produk Pesanan Anda, sehingga atas Produk Pengganti tersebut akan berlaku juga Ketentuan ini.

 

10.       Voucher dan Promosi

a.         Anda dapat menggunakan voucher yang secara resmi kami distribusikan kepada seluruh pengguna Layanan Bananas saat melakukan Pembayaran atas Pemesanan Produk pada Bananas.

b.         Setiap voucher yang Kami distribusikan hanya dapat digunakan untuk 1 (satu) kali penggunaan sepanjang tidak ditentukan lain oleh kami.

c.         Kami tidak bertanggung jawab atas masa berlaku voucher.

d.         Dalam kondisi tertentu sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan hukum yang berlaku, kami dapat dengan sewaktu-waktu menghentikan penggunaan Voucher. Kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang ditimbulkan dari dihentikannya penggunaan voucher tersebut.

e.         Kami sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi dengan Syarat dan Ketentuan yang dapat berbeda untuk setiap Promosi yang dilakukan.

 

11.       Refund

a.         Anda dapat mengajukan proses Refund kepada kami, dalam hal:

           i. Terjadi penolakan atau pembatalan atas Pesanan Anda;

            ii. Produk yang Anda Pesan tidak tersedia.

b.         Anda dapat mengajukan proses Refund dengan menghubungi customer service pada Aplikasi Bananas.

c.         Kami akan melakukan proses Refund kepada Anda selambat-lambatnya dalam waktu 3 (tiga) hari kerja.

12.       Tanggung Jawab

Selama tidak bertentangan dengan ketentuan hukum dan Syarat dan Ketentuan yang berlaku, kami tidak bertanggungjawab atas segala kerusakan atau kerugian yang diakibatkan baik secara langsung dan tidak langsung dari:

a.         Penggunaaan dan/atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan Bananas;

b.         Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan Bananas;

c.         Kelalaian dan/atau kesalahan Anda dalam memanfaatkan Layanan Bananas;

d.         Penyalahgunaan Produk yang telah dipesan oleh Anda;

e.         Virus dan/atau perangkat lunak berbahaya;

f.          Gangguan, bug, kesalahan, dan/atau tidak akuratan pada Layanan Bananas;

g.         Tindakan yang diambil sehubungan akun Anda;

h.         Tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak lain pada Akun Anda.

        Anda dengan setuju dan sepakat untuk melepaskan dan membebaskan kami dari segala tuntutan yang timbul sehubungan dengan hal-hal tersebut diatas.

 

13.       Ganti Rugi

Anda akan membebaskan dan melepaskan kami dari tuntutan Ganti Rugi dan menjaga nama baik Bananas (termasuk Direktur, Agen dan Karyawan) dari setiap klaim dan tuntutan, termasuk biaya hukum, yang dilakukan pihak lainnya sehubungan  dengan penggunaan Layanan Bananas yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran yang Anda lakukan terhadap pihak lainnya.

 

14.       Layanan Pelanggan

Kami memiliki Layanan Pelanggan yang dapat Anda gunakan untuk memperoleh informasi, melakukan pengaduan dan/atau komplain atas Layanan yang Kami sediakan melalui fitur Customer Service pada halaman Bananas, dengan rincian sebagai berikut:

  • Email: cx@bananas.id
  • No. Whatsapp: +62 821-1371-3086

 

Kami menjamin sepenuhnya seluruh kerahasiaan identitas Anda dan akan menindaklanjuti kebutuhan Anda.

 

 

15.       Perlindungan Data Pribadi

Ketentuan-ketentuan mengenai perlindungan data pribadi akan diatur dalam Kebijakan Privasi yang merupakan satu kesatuan dengan Syarat dan Ketentuan ini dan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini.

 

16.       ForceMajeure

a.         Kami tidak bertanggung jawab kepada Anda atas setiap pelanggaran, hambatan atau keterlambatan dalam pemenuhan Transaksi oleh kami kepada Anda yang disebakan oleh ForceMajeure maupun keadaan yang berada diluar kendali kami, termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, wabah penyakit, kebakaran yang dapat dibuktikan adanya unsur ketidak sengajaan, perang, pemogokan, sabotase, kendala jaringan telekomunikasi, atau bentuk lain dari aksi industrial (“ForceMajeure”), dan/atau tindakan, keputusan dari pemerintah dan ketentuan hukum yang berlaku.

b.         Kami memiliki kewenangan penuh untuk menentukan solusi yang akan kami ambil dalam memenuhi kewajiban kami kepada Anda.

 

17.       Pemisahan

Dalam hal terdapat klausul dalam Syarat dan Ketentuan ini yang menjadi atau dinyatakan tidak berlaku, cacat hukum  atau tidak dapat dilaksanakan berdasarkan hukum yang berlaku dan/atau berdasarkan putusan pengadilan yang berwenang, hal tersebut tidak akan mempengaruhi ketentuan ,klausul atau bagian lain dari Syarat dan Ketentuan ini.

 

18.       Hak Pihak Ketiga

Tidak ada pihak manapun selain Anda dan Kami yang memiliki hak dan kewajiban yang timbul dari hubungan antara Anda dan kami serta Syarat dan Ketentuan ini.

 

19.       Hukum Yang Berlaku

Syarat dan Ketentuan serta Ketentuan Lainnya yang terdapat pada Layanan Bananas diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Indonesia, dalam hal terdapat perselisihan,  sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan dan Ketentuan Lainnya, kami dan Anda sepakat untuk menyelesaikan segala perselisihan tersebut melalui Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

 

20.       Perubahan

Setiap perubahan yang kami buat terhadap Syarat dan Ketentuan ini akan ditampilkan dalam bentuk pemberitahuan pada Platform kami. Anda diwajibkan untuk, membaca, melihat dan mempelajari pemberitahuan tersebut. Kami menyarankan Anda untuk mengunjungi halaman ini secara berkala.

 

Terakhir diubah pada tanggal: 6 Oktober 2022